Minggu, 29 Januari 2017

Jenis Gitar Secara Umum

Bagasi Musik- Gitar merupakan alat musik yang paling banyak digunakan dibanding alat musik lain yang ada didunia,karena simple dan harganya yang terjangkau. Asal-usul gitar sendiri masih menjadi perdebatan yang seru, siapa yang menemukannya masih menjadi tanda tanya besar yang mungkin lama akan terjawab.

Dipasaran banyak dijual bermacam-macam model gitar, namun pada dasarnya gitar dikelompokkan menjadi tiga jenis yang paling umum digunakan, yaitu gitar klasik, gitar elektrik, dan gitar akustik.

Berikut sedikit review jenis-jenis gitar :

1.Gitar Klasik

Hasil gambar untuk jenis-jenis gitar
Gitar klasik adalah jenis gitar akustik yang biasanya digunakan dalam musik klasik. Gitar ini memiliki ciri khas pada senarnya yang terbuat dari nylon sehingga tidak terlalu sakit jika dimainkan dalam waktu yang lama, gitar klasik pada umumnya memiliki 12 fret.

Suara yang dihasilkan gitar ini cenderung rendah, karena memiliki diameter senarnya yang lebih besar. Walaupun tampilan fisik gitar yang terkesan ketinggalan zaman atau jadul, nyatanya gitar jenis ini masih digemari oleh penikmat gitar. Untuk harga gitar ini cukup terjangkau antara Rp.500.000 sampai Rp.2.000.000 dipasarannya, tergantung spesifikasi dan kualitas gitar.

2.Gitar Akustik

Hasil gambar untuk jenis-jenis gitar
Gitar akustik adalah jenis gitar di mana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Secara menyeluruh, gitar akustik tidak terlalu berbeda dengan gitar Klasik, perbedaan yang tampak adalah pada bagian senar yang digunakan, gitar klasik biasany menggunakan senar nylon sedangkan gitar Akustik menggunakan senar baja. Dan gitar akustik memiliki bobot lebih berat dari gitar klasik.

Kualitas suara yang dihasilkan gitar ini cenderung lebih baik dan kuat, itu karena seluruh bagian gitar terbuat dari kayu. Harga yang dibandrol untuk jenis gitar ini sama dengan gitar tipe akustik antara Rp.500.000 sampai Rp.2.000.000 dipasarannya tentu tergantung kualitas gitarnya.

3.Gitar Elektrik

Hasil gambar untuk jenis-jenis gitar
Jenis gitar terakhir merupakan jenis gitar yang penggunaanya mungkin paling rumit. Sesuai namanya gitar ini membutuhkan energi listrik agar dapat berbunyi. Untuk membantu agar gitar bisa menghasilkan suara yang merdu dan keras adalah dengan cara dibantu oleh sebuah alat yang biasa disebut dengan amplifier.

Gitar ini bisa diatur sesuai keinginan pengguna melalui tombol dan equilizer tertentu yang terdapat pada badan gitar tersebut. Gitar jenis ini sendiri direkomendasikan bagi para gitaris yang sudah mahir bermain gitarnya. Untuk harganya sendiri cenderung mahal dari harga gitar akustik dan klasik, untuk yang paling murah saja berkisaran Rp.1.500.000 untuk harga gitar custom atau tiruan . sedangkan untuk yang original berkisar Rp.2.000.000 sampai Rp.15.000.000. tentu sesuai kualitas gitarnya.


Review yang sudah diberikan semoga dapat menjadi pedoman untuk membeli gitar yang diinginkan teman-teman. Kembali pada teman-teman jenis gitar apa yang sesuai dengan kebutuhan.

0 komentar:

Posting Komentar