Kamis, 21 April 2016

Biografi Andy Liany

                               
Bagasi Musik - "Sanggupkan","Ingin Rasanya" dan "Antara Kita", adalah beberapa single yang mempopulerkan penyanyi legendaris Kota Gurindam , Andy Liany,
Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang penyanyi rocker yang melegenda ini, penasaran ???? yuk disimak

Biografi 

Hasil gambar untuk hubungan andy liany dan pay
Andy Liany adalah adalah penyanyi musik rock  Indonesia kelahiran Tanjungpinang, Kepulauan Riau tahun 1966 . Namanya dikenal  secara nasional pada awal 1990-an, namun kesuksesan penyanyi gondrong ini tidak berlangsung lama, bukan karena ia tidak mampu bersaing di di dunia musik pada saat itu, melainkan pada tahun 1995 ia meninggal dunia karena kecelakaan di tengah puncak popularitasnya, Andy Liany, seperti rocker lain. Kelihatannya saja garang. ia adalah tipikal individu  yang sangat friendly. Nggak ada istilah, menolak orang yang datang untuk wawancara, foto, atau bahkan sekedar ngobrol. Batas antara seleb dengan orang awam pun nyaris tak ada. Dia juga tidak pernah melupakan orang yang pernah ngobrol banyak dengannya

Karir

Hasil gambar untuk hubungan andy liany dan pay

Alumni gang potlot ini mengawali karier bermusik dengan bergabung dalam grup musik "Z Liar". Bersama grup ini, dua singel, Fitnah dan Bumi, dirilis bersama dalam album kompilasi "Indonesian Rock Metal 1" garapan Bursa Musik pada tahun 1990. Andy pernah menjadi vokalis Slank formasi awal. Ia juga pernah menjadi vokalis Elpamas.

Pada tahun 1991 ia merilis satu album singel dengan lagu Satu Cita, namun tidak sukses. Selanjutnya ia bergabung bersama Pay, Ronald, dan Once membentuk Fargat 27, dan merilis album "Seribu Angan".

Album solo pertamanya adalah "Misteri", di bawah label Wins Record. Salah satu lagunya, Sanggupkah Aku, mengangkat namanya ke pentas nasional. Setahun kemudian keluar album solo kedua, "Antara Kita" dengan hit berjudul sama, Antara Kita

Namun sangat disayangkan, kariernya tidak panjang, ia meninggal dunia ditaun 1995. Dan untuk mengenang sumbangsihnya di industri rock, dirilislah album "Cindera mata", dimana pada awalnya ini adalah rencana album ketiganya namun belum selesai dan dijadikan album kompilasi terbaik oleh label.

Hubungan Andy Liany,Pay dan Slank

Hasil gambar untuk hubungan andy liany dan pay
Kedua musisi ini dikenal memiliki kedekatan yang kuat, mereka berdua merupakan pentolan grup musik Slank formasi awalan tahun 1980an, Andy Liany dan Pay sudah beberapa kali membentuk band bersama diantaranya adalah Fargat 27, dimana mereka merilis album "Seribu Angan".

Tradedi

Hasil gambar untuk hubungan andy liany dan pay

Tahun 1995, menjadi tahun terakhir bagi musisi berbakat ini untuk mengeluarkan karya-karya indahnya, tepat pada tahun itu ia mengalami kecelakaan hebat yang membuat hidupnya berhenti, Vokalis rock ini meninggal dunia, ketika mobil yang dikendarainya kecelakaan di daerah Cianjur, Jawa Barat. Ironis sekali. Ketika popularitasnya mulai naik, cowok berambut panjang hampir sepinggang ini, musti meninggal dalam sebuah kecelakaan. Kabarnya, dia habis berbelanja bahan pokok untuk dimasak dan makan bareng dengan teman-temannya. 

Karya Andy Liany

Hasil gambar untuk hubungan andy liany dan pay

Album 

“Seribu Angan"  Bersama Fargat 27

Album Single

"Fitnah" Bersama Z Liar
"Bumi" Bersama Z Liar

Album Solo

 "Misteri"
"Antara Kita"


Demikian ulasan mimin tentang biografi Andy Liany, jika teman-teman ada tambahan, silahkan sampaikan di kolom komentar



3 komentar:

  1. fotonya masih sering ketuker sama hengy supit ya?

    BalasHapus
  2. Iya gan, terimakasih atas masukkannya gan,

    BalasHapus
  3. Dari smp 1996 Uda ngefans Slank dan Andy liany

    BalasHapus